Minggu, 01 Maret 2020

Tips Memilih Gearbox atau Speed Reducer yang Benar

Cara Memilih Gearbox atau Speed Reducer yang Benar

memilih-gearbox
Memilih gearbox bisa saja sangat menyulitkan. Konsumen punya banyak pilihan jenis gearbox untuk dipilih untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda . Salah pilih gearbox bisa sebabkan gearbox berharga mahal jadi sia-sia dan tidak terpakai.
Masalah utama umumnya ada di ukuran motor dan loader yang tak imbang. Memilih ukuran motor memang lebih mudah dan umumnya gearbox bisa langsung berfungsi begitu dipasang. Tapi kalau salah pilih, gearbox tak akan cocok diterapkan di aplikasi. Tapi, dengan mengukur loader, gearbox dipastikan akan cocok di aplikasi dan itu bearti efektif secara harga.
Tidak mudah untuk mengetahui tipe gearbox yang cocok dengan yang dibutuhkan, untuk itu sangat penting untuk menghubungi supplier gearbox secara langsung untuk mendapatkan konsultasi secara menyeluruh.
Adapun beberapa hal sederhana yang harus diperhatikan adalah:

1. Faktor servis

Aspek ini sangat berpengaruh karena tak semua jasa servis mampu menangani gearbox. Apalagi untuk jenis gearbox seperti helical gearbox, NMRV 040, WPA, WPX, dan motovario, yang butuh keahlian khusus. Apalagi mengingat harga gearbox reducer semacam ini yang cukup mahal. hanya sedikit supplier yang mampu memberikan support service untuk jenis2 gearbox seperti ini.

2. Overhung

Harga reducer gearbox dan harga gearbox WPX yang beragam dan cukup tinggi mengakibatkan produsen gearbox industri umumnya menyertakan daftar nilai maksimal overhung untuk tiap unit gearbox. Kalau nilai di aplikasi lewat batas, naikkan ukuran gearbox untuk mengkomodasi overhung.

3. Perakitan

Di tahap ini, ukuran gearbox dan kapasitasnya sudah harus ditentukan sebelum dirakit. Masalah yang sering terjadi, ada banyak konfigurasi dari gearbox untuk tiap unitnya. Jangan tertipu dengan harga jual beli gearbox yang murah, karena belum tentu itu sesuai.

4. Pelumas

Kesesuaian gearbox dengan pelumas bisa menentukan umur gearbox. Beberapa tipe gearbox umumnya harus memakai pelumas spesifik untuk mendapat hasil terbaik sewaktu dipakai. Misalnya, speed reducer WPA pasti butuh pelumas yang beda dari jenis lain. Mitragears.com sudah memastikan pelumas yang digunakan untuk setiap jenis gearbox telah sesuai dan tersedia untuk supply jangka panjang.

5. Temperatur

Layaknya komponen lain, gearbox juga punya peluang aus kalau terpapar temperatur yang ekstrim. Temperatur tinggi bisa meningkatkan tekanan internal sehingga butuh banyak servis. Sedang temperatur rendah bisa sebabkan pelumas jadi kental.

6. Guncangan

Guncangan keras bisa memicu gerigi gearbox cepat rusak, dan bisa sebabkan gagal prematur. Kalau tak segera ditangani, kerusakan bisa menyebar sampai satu unit gearbox. Sebagai contoh, harga gearbox WPA 120 paling rendah bisa hampir mencapai Rp 2 Juta rupiah, untuk itu penanganan yang baik harus diperhatikan.

7. Output mekanis

Konfigurasi output yang berbeda bisa memicu overhung yang berlainan. Kadang efeknya cuma di satu komponen saja, tapi kadang bisa menyeluruh. Untuk kondisi tertentu, kerusakan output mekanis bisa makin parah. Dan ini harus jadi pertimbangan sewaktu membeli gearbox.

8. Output shaft

Baik saat beli atau jual gearbox Surabaya, harus ada pertimbangan lain yaitu menyangkut output shaft sebagai komponen penting gearbox. Saat mengukur aplikasi, output shaft sebisa mungkin harus sesuai. Salah ukur bisa membuat gearbox untuk mesin penggerak jadi jadi tak guna.

9. Jenis dudukan

Penting dipikirkan juga saat akan pilih gearbox, harus lihat dulu jenis dudukan yang ada. Ada banyak tipe untuk ini, dan tiap produsen umumnya beda. Beberapa dudukan kadang tak mendukung suatu gearbox, jadi lebih baik untuk melihat lebih teliti dulu. Pembeli gearbox perlu memperhatikan hal ini karena ukuran dudukan setiap gearbox walaupun dengan tipe yang sama dapat berbeda, karena itu lebih baik membeli dari satu supplier terpercaya untuk mencegah kesalahan ukuran pembelian.

10. Fleksibel

Gearbox disusun dalam beberapa jenis, yaitu gear yang dua pangkalnya saling bertemu dan gear berbentuk kerucut dengan gerigi yang saling terkait. Artinya, meski fleksibilitas yang ditawarkan sangat terbatas, tapi fleksibilitas ini memungkinkan memilih salah satu tipe.

11. Efisiensi

Sebagai contoh, dibanding worm gearbox, jenis planetary gearbox lebih efisen dalam mereduksi kecepatan hingga 98%. Jenis ini mampu memberi rasio tinggi dan mentransmisikan torsi tiga kali lebih cepat. Ini juga sekaligus jadi alasan kenapa disebut speed reducer gearbox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar